Saturday, June 18, 2016

Pengenalan warna CMYK dan RGB pada Photoshop

aldrinrachmanpradana.blogspot.com
Di dunia desain ada 2 macam unsur warna yaitu CMYK dan RGB. Apa persamaan dan perbedaan antara kedua tipe warna tersebut dan apa hubungannya dalam desain grafis. 


  • Warna CMYK

     CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses.  
      Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuktumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna 
     Teknik separasi saat ini sudah berkembang; Penggunaan 4 tinta proses masih dominan, tapi metode menambah warna tinta cetak berkembang pesat. Teknologi HiFi Color dikembangkan beberapa pihak antara lain Pantone. perkembangan Warna Proses sedemikian pesatnya, hal ini didorong lantaran karena masalah teknis untuk menghadirkan reproduksi warna yang sempurna (sesuai dengan target pasar yang dituju), seperti: Light Magenta, Light Cyan, Grey, Matt Black, Orange dan Green dll. Keempat warna tersebut adalah spesifik untuk penyebutan proses pewarnaan dengan menggunakan CMYK. 

  • Warna RGB 
       RGB adalah singkatan dari Red – Green – Blue adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk display monitor, warna-warna primernya (Red, Green, Blue) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti  CRT atau LCD pada display monitor.
      Apabila (Red – Green – Blue) ketiga warna tersebut dikombinasikan maka terciptalah warna putih inilah mengapa RGB disebut ‘additive color’ atau ‘warna pencahayaan’.  Warna RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, karena memang di setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna. Tapi bukan berarti RGB bebas masalah karena tampilan warna RGB akan selalu terikat dengan kapasitas/kemampuan grafis komputer.  
RGB 

  • RGB dan CMYK 


Untuk hasil terbaik pencetakan : 
  • Gunakan warna CMYK  
  • Kenali semua karakteristik perangkat anda (scanner, printer, monitor dll) dengan baik. 


Untuk desain web dan desain grafis :
  • Gunakan warna RGB 


     Biasakan mengerjakan dalam ruang cahaya yang terkontrol dan mengerjakan desain pada siang dan malam hari juga menghasilkan perbedaan warna yang berbeda (terutama untuk RGB) Dengan warna RGB maka tampilan warna akan lebih kaya dan menarik.
       Namun apabila berhubungan dengan dunia percetakan/menggunakan mesin cetak maka 
gunakanlah warna CMYK karena mesin cetak menggunakan medium film yang sangat terbatas dalam mencerna warna. Namun juga memiliki keunggulan karena mesin cetak berhubungan dengan mass production (produksi dalam jumlah yang besar) jadi lebih efisien dan hemat uang & waktu

Sumber : Infokom UMM

No comments:

Post a Comment