Thursday, July 17, 2014

Sedikit Foto Keadaan Rumah Sakit Bekas Di Kota Kandangan Kab.HSS

Sebuah Tulisan dirumah sakit Hassan Basery Kandangan


Siapa tak kenal RSUD Brigjend Hassan Baserri.Warga kandangan pasti sudah mengenalnya apalagi bangunan rumah sakit yang kini ditinggalkan ini sudah dibangun sejak zaman kolonial dan bertempat di titik pusat kota kandangan tepatnya di ex terminal sedan. Pada mulanya balai pengobatan ini dilaksanakan sebagai upaya memberi pelayanan kesehatan khusus terhadap bangsa penjajah dan menir-menir bangsawan yang bertugas di Kandangan serta para marinir korban perang.

Bertempat di pinggir sungai amandit dimaksudkan agar mempermudah akses masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan terutama yang berasal dari hilir sungai amandii seperti muarabahan, margasari, buas-buas dan negara dan lainya yang pada saat itu transportasi sungai (jukung/perahu) adalah transpotasi utama.

Pada penjajah bangunan ini sempat dijadikan sbg markas perang oleh tentara jepang menghadapi pejuang indonesia.pada masa kemerdekaan Rumah sakit ini diambil alih oleh Divisi Alri Pertahanan Kalimantan selatan oleh Pemimpin Brigjend Hassan Bassery

 Mengingat jasa-saja beliau pada sekitar tahun 1965 pemerintah kabupaten tingkat II Hulu Sungai Selatan mengabadikan nama beliau menjadi nama rumah sakit dengan sebutan Rumah Sakit Umum BrigJend H. Hassan Basry Kandangan.

Kini rumah sakit ini sudah ditinggalkan karna RSUD Brigjend Hassan Bassery pindah tempat ke Bangunan yang baru di Hamalau.Berikut ada sedikit foto2 keadaan rumah sakit yang ditinggalkan ini:
 Lorong utama rumah sakit


Lorong jalan disamping mushala arah menuju Ruang VIP

 Beberapa Pintu terbuka dan terbengkalai dan sangat kotor didalamnya sehingga menambah aura mistiknya.

 Ruang Gizi dibagian belakang

 Tempat apakah ini saya tak mengenalnya tempatnya berada didekat sungai amandit dan penuh semak belukar.

 Kamar Pasien diruang belakang



 Dibagian belakang seperti hutan dan penuh semak semak.






Hanya sedikit Foto yang saya ambil mengingat hari sudah larut sore.apalagi banyak suara suara aneh dibagian belakang dari ruang gizi,selain itu tak sengaja juga saya melihat rambut.Yaa !! rambut diruang belakang.tergeletak ditepi lorong dibagian belakang.Awalnya saya kira bulu ternyata itu rambut tapi saya tak berani memoto berhubung seperti ada orang berjalan dibagian belakang dengan suara langkah yang seperti terinjak-injak ranting pohon.Setelah suara itu semakin mendekat saya lari saja tuk menjauh,takutnya Arwah-arwah yang disana tak mengijinkan kehadiran kami.
Tapi kini RSUD ini telah dipugar dan diubah kegunaannya menjadi RSJ.

Sekian artikel yang saya tulis ini,terima kasih buat Muhammad Rezki(Baung) dan Andrean Adie Mulia yang menemani saya.

Sedikit sumber sejarah RSUD Brigjend Hassan Baseri saya ambil dari :
http://bludrs-hhb.hulusungaiselatankab.go.id/home/sejarah-rs/

No comments:

Post a Comment